Sistem Informasi STIPAK

Sistem Informasi STIPAK

LOGO STIPAK ARASTAMAR ASMAT

SISTEM INFORMASI

 

Sistem yang dipakai untuk akses antar Prodi melalui Aipon, Telepon dan internet (email Prodi Pascasarjana PAK). Sistem penghimpunan atau penyimpanan data dan pengambilan data mahasiswa Prodi Pascasarjana PAK dilakukan dengan memakai Komputer tanpa jaringan. Rencana ke depan akan dibuat sistem jaringan dengan sistem IT online.

 

PENELITIAN, PUBLIKASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

 

Sebagai perwujudan dari Tri Darma perguruan tinggi, dalam Prodi Pascasarjana PAK diadakan berbagai kegiatan akademik yang melibatkan dosen dan mahasiswa.Menulis misalnya, di rencanakan STIPAK membuat jurnal Arastamar dan Majalah Arastamar untuk menampung tulisan-tulisan mahasiswa dan dosen.

Jurnal khusus untuk Pendidikan Agama Kristen STIPAK Arastamar Asmat belum ada, tetapi sedang diupayakan supaya ke depan ada jurnal khusus untuk menampung tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Agama Kristen. STIPAK Arastamar Asmat sementara diupayakan juga memiliki langganan jurnal dengan sekolah-sekolah Teologi lain yang ada di Indonesia.

Kegiatan-kegiatan prodi yang dilakukan dalam kaitannya dengan pengabdian kepada masyarakat antara lain: kerja bakti, pelayanan kesehatan, memimpin ibadah, berkhotbah, dll.

 

Penelitian

 

            Unit penelitian mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian sebagai unsur pelaksanaan akademik yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, membantu dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian yang diselenggarakan oleh seluruh civitas akademika STIPAK Arastamar Asmat.Selain memberikan landasan-landasan konseptual tentang penelitian yang dilakukan seluruh civitas akademika khususnya para mahasiswa, unit penelitian STIPAK Arastamar Asmat juga melaksanakan penelitian tentang data dasar (data base) sekolah-sekolah Kristen dan gereja-gereja di Papua. Penelitian-penelitian akan tetap diupayakan untuk masa mendatang sesuai kemungkinan yang ada, baik dalam kerjasama dengan badan/lembaga mitra maupun secara mandiri.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat

 

Unit pengabdian pada masyarakat mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui upaya memberdayakan sumber daya masyarakat dan lingkungan.Dalam melaksanakan tugasnya, unit pengabdian kepada masyarakat tetap berupaya untuk mencari bentuk-bentuk kreatif untuk pengabdian kepada masyarakat.Wujud dari pengabdian ini ialah keterlibatan langsung dalam pelayanan di tengah-tengah jemaat, sekolah dan masyarakat melalui kuliah kerja lapangan dan bantuan sosial kepada jemaat-jemaat yang kurang diperhatikan di pedesaan Papua.Pada setiap weekend setiap mahasiswa kembali ke gereja masing-masing untuk membantu pelayanan ibadah Minggu.Program pelayanan desa dilakukan mahasiswa adalah bentuk pengabdian pada masyarakat dan jemaat secara nyata. Demikian juga dengan peranan para dosen dengan berbagai pembinaan, pelatihan dan pelayanan sebagai fasilitator (nara sumber) menjadi salah satu bukti bahwa kehadiran lembaga Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Arastamar Asmat dalam rangka pengabdian kepada masyarakat ingin memberikan kontribusi yang cukup signifikan.

 

PERPUSTAKAAN

 

Unit Perpustakaan adalah unsur penunjang STIPAK Arastamar Asmatdi bidang kepustakaan.Unit Perpustakaan mempunyai tugas melakukan perencanaan pengembangan kepustakaan dan pustakawan.Pelayanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengadakan kerjasama antar Perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi, dan menyusun laporan Perpustakaan.Perpustakaan STIPAK Arastamar Asmat telah dikelola secara manual. Rencana ke depan dikelola secara komputerisi dengan sistem “Foxpro”, dan susunan subyek pada sistem klasifikasi Perpuluhan Dewey.

Adapun pengunjung Perpustakaan rata-rata 20 orang/per-hari, sedangkan pemimjam buku Perpustakaan 10 orang/per-hari.

Perpustakaan STIPAK Arastamar Asmatdipusatkan dalam unit Perpustakaan dengan prodi lainnya. Ruang Perpustakaan ada 1 ruangan, dengan jumlah buku sbb:

  1. Jumlah buku = 3.500 examplar
  2. Jumlah Judul = 1.500 judul

Apabila diklasifikasikan menurut judul buku maka didapat sbb:

NO KLASIFIKASI JUMLAH
1 Ilmu-ilmu PAK dan Teologi 700
2 Ilmu Pendidikan umum dan Psikologi 200
3 Bahasa dan Filsafat 100
4 Ilmu Sosial 100
5 Referensi 500
  Total 1.500

 

Apabila diklasifikasikan menurut examplar:

1 Buku Teologi dan PAK 1.500
2 Buku Pendidikan umum dan Psikologi   500
3 Buku Bahasa dan Filsafat   500
4 Buku Ilmu Sosial   500
5 Buku Referensi   500
  Jumlah 3.500

Perbandingan buku-buku Teologi dengan buku-buku PAK berbanding 50% buku Teologi dan 50% buku PAK.

About The Author

Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Asmat berdiri pada tanggal 21 Mei 2014 dan bernaung pada badan hukum Yayasan Arastamar Papua (YARPA) No. 24 tanggal 13 November 2013 oleh Notaris SURYATI, SH.,M.Kn.Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Arastamar Asmat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *